Jumat, 14 Oktober 2011

QUIZ KE-4

PERTANYAAN:
1.     Apa yang dimaksud dengan bisnis internasioanal?
2.     Sebutkan bentuk-bentuk bisnis internasioanal!
3.     Sebutkan dua komponen dari globalisasi!
4.     Sebutkan system hokum yang ada di dunia!
5.     Indonesia termasuk system hokum yang mana?
6.     Apa hubungan teknologi terhadap bisnis internasional?

JAWAB:
1.     Bisnis internasioanal adalah seluruh transaksi bisnis yang melibatkan dua negara atau lebih.
2.     Bentuk-bentuk bisnis internasioanl:
Eksport, import, frenchise
3.     2 komponen globalisasi:
-         Makro
-         Mikro
4.     Civil law, Common law
5.     Comman law
6.     Teknologi sangant berpengaruh sebagai penunjang dan sebagai alat yang penting bagi suatu bisnis internasional.

QUIZ KE-3

PERTANYAAN:
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan internasional bisnis?
2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis?
3.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis?
4.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen?
5.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Manajemen Sumber Daya Manusia?
6.     Gambarkan apa yang anda dapat di lapangan kemarin!

Jawab:
1.     Internasioanal bisnis adalah seluruh proses transaksi bisnis yang dilakukan dan melibatkan 2 negara atau lebih.
Contoh: Indofood melakukan export indomie ke Amerika, Jepang, India, dll
2.     Bisnis adalah serangkaian aktivitas pemasaran, oprasional, SDM, keuangna yang melibatkan berbagai sumber daya seperti manusia, uang, method, mesin, informasi, untuk menghasilkan suatu barang dan jasa guna memperoleh profit (keuntungan).
3.     Lingkungan bisnis adalah segala sesuatu yang berasal dari dalam atau luar perusahaan yang mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut.
4.     Manajemen adalah suatu proses mengelola sumber daya yang ada dan bekerja melalui dan dengan orang lain, agar tercapainya suatu tujuan.
5.     Manajemen sumber dyaa manusia adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, hingga pengontrolan sumber daya manusia yang ada di perusahaan mulai dari rekrutmen, wawancara, sampai penempatan SDM ke posisi yang benar atau tepat dalam suatu perusahaan.
6.     a. Bank Niaga mengambil surat LC:
Surat LC ini digunakan untuk melakukan pembayaran jika kita hendal     melakukan transaksi antar negara. Surat LC dari bank ini berfungsi sebagai perantara atau pihak ke-3.
b. Perusahaan forwarder (CLS Cargo):
Perusahaan ini berfungsi untuk memberikan jasa untuk mengirim barang ke negara yang akan dituju serta membantu kita mengurus data-data yang diperlukan menyangkut masalah bea cukai.
c. Perusahaan peti kemas gede bage:
Perusahaan peti kemas ini berfungsi untuk mengangkut/mengirim/mengantar barang dari pelabuhan (gudang utama) ke terminal di tiap kota yang memesan barang.
Contoh: dari pelabuhan tanjung priok dikirim menggunakan kereta ke terminal peti kemas gede bage, bandung)
d. BKPPMD:
tempat ini memberikan izin jika seseorang hendak berinvestasi disuatu daerah tertentu.
e. akta notaries, SIUP, STD:
surat-surat menegenai perusahaan.
f. Indofood:
Perusahaan besar yang mengekspor barang ke berbagai negara.

QUIZ KE-2

PERTANYAAN:
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis?
2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis?
3.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen?
4.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi?
5.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan?

JAWAB:
1.     Bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan cara menjual sesuatu barang ataupun jasa demi mendapatkan keuntungan atau profit.
2.     Lingkungan bisnis adalah suatu keadaan yang mempengaruhi baik atau buruknya jalannya suatu perusahaan.
3.     Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, hingga proses pengawasan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang sehingga sumber daya yang ada dapat menjadi efektif dan efisien demi tercapainya suatu tujuan tertentu.
4.     Organisasi adalah suatu wadah yang di dalamnya terdapat kumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerjasama baik materi ataupun non materi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
5.     Etika bisnis adalah suatu sikap ataupun ajaran yang menunjukkan benar atau salahnya dalam suatu hubungan bisnis.
Tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu sikap yang ditunjukkan perusahaan kepada lingkungan yang ada disekitar perusahaan tersebut berada.

QUIZ KE-1

QUIZ KE – 1
SOAL:
1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan bisnis?
2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan bisnis?
3.     Jelaskan jenis-jenis lingkungan bisnis!
4.     Jelaskan apa pengaruh liungkungan bisnis terhadap bisnis tersebut!
5.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen?
6.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan organisasi?
7.     Jel;askan apa yang dimaksud dengan manajemen pemasaran?
8.     Jelaskan tugas dari manajemen pemasaran!
9.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen operasi?
10.                        Jelaskan tugas dari manajemen operasi!
11.                        Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia?
12.                        Jelaskan tugas dari manajemn sumber daya manusia!
13.                        Jelaskan apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan?
14.                        Jelaskan tugas dari manajemen keuangan!
15.                        Jelaskan apa yang dimaksud dengan etika bisnis?
16.                        Jelaskan apa yang dimaksud dengan tanggung jawab social perusahaan?
17.                        Jelaskan apa yang dimaksud dengan lingkungan global?
18.                        Jelaskan pengaruh teknologi terhadap bisnis?












JAWAB:
1.     Bisnis adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang atau se kelompok orang untuk menghasilkan suatu profit/keuntungan sesuai dengan yang direncanakan.
2.     Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya bisnis tersebut.
3.     Jenis-jenis lingkungan bisnis:
-         Internal: Pelanggan/konsumen, produsen, pegawai,dll
-         Eksternal: Geografi, demografi, politik, ekonomi, social, dll
4.     Pengaruh lingkungan bisnis terhadap bisnis tersebut:
Suatu bisnis akan berjalan lancar jika keadaan lingkungan bisnisnya pun menunjang. Maka dari itu dua hal tersebut saling berkaitan.
5.     Manajeman adalah suatu proses mengalokasikan dan menggunakan sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan tertentu secara efektif dan efisien.
6.     Organisasi adalah suatu wadah yang di dalamnya terdapat orang-orang yang memiliki suatu tujuan yang sama serta bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut.
7.     Manajemen pemasaran adalah suatu proses mempromosikan serta memperkenalkan suatu benda/produk/brand tertentu kepada masyarakat.
8.     Tugas manajemen pemasaran adalah memperk3enalkan brand/benda/produk tertentu kepada masyarakat.
9.     Manajemen operasi adalah suatu proses perencanaan waktu, bahan (material), persediaan barang, tempat, dll yang harus/akan digunakan oleh suatu perusahaan agar tujuannya tercapai.
10.             Tugas dari manajemn operasi adalah memperhitungkan tenggang waktu suatu pekerjaan, mendata seluruh kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan ketika menjalankan bisnis.
11.             Manajemn sumber daya manusia adalah sutu proses mengalokasikan atau menempatkan sumber daya manusia yang berada dalam sutu perusahaan ke dalam posisi atau jabatan yang sesuai.
12.             Tugas manajer sumber daya manusia adalah menempatkan seseorang ke dalam posisi atau jabatan yang sesuia dengan kebutuhan perusahaan serta sesuai dengan kemampuan orang tersebut.
13.            Manajemen keuangan adalah suatu proses mengatur, mengelola, keuangan yang ada dalam suatu perusahaan.
14.            Tugas manajer keuangan adalah mencari atau menentukan sumber keuangan (modal) yang akan digunakan oleh prusahaan, membuat anggaran modal yang dibutuhkan oleh perusahaan.
15.            Etika bisnis adalah cara, sikap, aturan, yang harus dilakukan jika kita akan  atau telah melakukan suatu bsinis.
16.            Tanggung jawab sosial perusahaan adalah suatu tindakan atau sikap yang dilakukan perusahaan untuk keadaan lingkungan atau lingkungan disekitar perusahaan. Contoh: Memberikan sumbangan jiak disekitar perusaahn tersebut mengadakan suatu acara  atau merekrut pegawai dari orang-orang dilingkungan perusahaan.
17.             Lingkungan global adalah segala sesuatu yang menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam hal global.
18.             Pengaruh teknologi terhadap bisnis :
Teknologi sangat berpengaruh sekali terhadap bisnis. Jika teknologi yang digunakan semakin canggih atau modern maka bisnis pun akan berjalan lancar dan cepat. 

Kamis, 06 Oktober 2011

Lingkungan Mikro Di Indonesia

KONSUMEN DI IND:
Indonesia memilki lebih dari 220 juta penduduk dengan ratusan suku yang tersebar di berbagai pulai.Sekalipun berbeda-beda suku dan bahasa,namun pasti ada kesamaan karakter,yang bisa dijadikan patokan bagi para marketer untuk menjalankan strategi marketing.10 karakter unik konsumen Indonesia bisa di jadikan referensi yang pas untuk itu.
10 karakter unik itu adalah:
Karakter #1:BERPIKIR JANGKA PENDEK.
Ternyata sebagian besar konsumen Indonesia hanya berpikir jangka pendek dan sulit diajak berpikir jangka panjang salah satu cirinya adalah dengan mencari yang serba Instan.Makanya produk semacam Extra Joss,Hemaviton Jreng,Indomie dan lain sebagainya laris manis.
Sebaliknya masih sangat susah sekali memasarkan asuransi pada sebagian besar penduduk indonesia karena konsumen cenderung enggan melakukan investasi (dalam bentuk apapun) yang hasilnya bisa dinikmati mungkin belasan tahun ke depan.
Salah satu strategi yang masih ampuh untuk konsumen berpikiran pendek adalah dengan memberikan DISKON dan hadiah langsung.Survei AC Nielsen menunjukkan 76% pembeli menyukai diskon harga dan 18% menyukai hadiah langsung.Saya sudah sering kali membuktikan strategi ini.
Karakter #2:TIDAK TERENCANA.
Konsumen Indonesia termasuk konsumen yang tidak terbiasa merencanakan sesuatu.Sekalipun sudah,tapi mereka akan mengambil keputusan pada saat-saat terakhir.kebiasaan ini mirip dengan kebiasaan konsumen nomer satu.Namun jika kebiasaan pertama tidak melihat jauh ke depan,kebiasaan kedua ini tidak menyiapkan sesuatu jauh di belakang.
Mungkin rata-rata kita dulu juga mengenal SKS (sistem kebut semalam) dalam belajar atau dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu.Termasuk dalam mendaftar seminar sampai membayar tagihan,semua dilakukan dalam waktu yang mepet.
Salah satu bentuk perilaku konsumen yang tidak punya rencana adalah terjadinya IMPULSE BUYING (membeli tanpa rencana/spontan membeli ketika tertarik dengan sebuah produk).Berdasarkan survei Nielsen,ternyata 85% pembelanja ritel modern cenderung untuk berbelanja sesuatu yang tidak direncanakan.Strategi yang paling baik untuk karakter ini adalah dengan membuat display semenarik mungkin dan strategis tempatnya atau bisa juga di bantu dengan SPG.
Karakter #3:SUKA BERKUMPUL.
Kebiasaan suka berkumpul sudah melekat dalam budaya konsumen kita,sampai adalah istilah “mangan ora mangan ngumpul” dalam masyarakat jawa.
Strategi paling efektif untuk karakter ini adalah strategi komunikasi Word of mouth,ini terbukti dari riset para pembeli rumah lewat KPR,awarenness tertinggi konsumen terhadap produk KPR bukanlah berasal dari iklan atau brosur,tetapi justru datang dari teman atau relasi.Hal serupa juga terjadi dalam pembelian minyak pelumas.
Kesuksesan yang di raih Amanda brownies dan Kartika Sari dari Bandung juga mengandalkan strategi ini.Kata kunci dari strategi word of mouth ini adalah terletak pada opinion leader dari komunitas yang ada.Sebab jika sang pemimpin bisa diyakinkan pada sebuah merk,maka dia akan memberikan rekomendasi kepada komunitasnya.
KARAKTER #4:GAGAP TEKNOLOGI.
Rendahnya penetrasi teknologi tinggi di indonesia menunjukkan bahwa mayoritas konsumen kita relatif masih “gaptek” sehingga adopsi terhadap suatu teknologi relatif jauh lebih lambat.
Hal ini tampak dalam survei Frontier tentang alasan konsumen tidak menggunakan mobile banking,32,66% mengatakan tidak tahu mengoperasikannya dan 16,75 menganggapnya tidak aman.begitu juga dengan penetrasi penggunaan internet,baru menyentuh angka 9,0% bandingkan dengan malaysia yang penetrasinya sudah 47,8%.
Rendahnya tingkat penetrasi produk teknologi tinggi ini berhubungan erat dengan dengan tingkat pendidikan masyarakat kita.Namun,jangan pesimis dulu.Sebab,konsumen yang berusia muda kini lebih adaptif dengan teknologi baru karena dorongan arus globalisasi.
Sayangnya,daya beli mereka tidak begitu tinggi.Untuk mengatasi masalah daya beli ini,pemasar bisa mengusung strategi PRICE BUNDLING,seperti yang di lakukan Frent,Esia,Flexi dan yang lainya.Bisa juga dengan mempermudah penggunaanya,seperti yang dilakukan oleh Nokia.
KARAKTER #5:ORIENTASI PADA KONTEKS.
Konsumen kita cenderung menilai dan memilih sesuatu dari tampilan luarnya.Dengan begitu,konteks-konteks yang meliputi suatu hal justru lebih menarik ketimbang hal itu sendiri.
Tiga ciri spesifik konsumen kita dalam menyerap informasi.Pertama,memiliki minat baca yang rendah.kedua,memilih segala sesuatu-baik dari membaca atau menonton- yang ringan dan menghibur.Ketiga,mudah diubah persepsinya.
Dampak dari ciri tersebut terhadap perilaku komsumsi orang Indonesia dibuktikan dengan layanan informasi SMS yang didominasi layanan ring tones dan musik.selain itu tampak pula dengan tingginya rating acara-acara infotainment.Keengganan membaca juga menyebabkan konsumen kurang memperhatikan informasi yang terdapat pada suatu produk.
Banyak produk farmasi yang mempunyai kandungan yang sama persis dan fungsi yang sama tetapi karena cara komunikasinya berbeda,akhirnya persepsi yang tercipta lain pula.sekitar 99% konsumen kita tidak mengerti kandungan obat bebas.
KOMPETITOR DI IND:

Konsep saluran distribusi perekonomian Indonesia

David A. Revzan menggatakan bahwa saluran distribusi merupakan suatu jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya sampai pada pemakai. Sedangkan definissi lain tentang saluran pemasaran ini dikemukakan oleh The American Marketing Association, yang lebih menekankan banyaknya lembaga yang ada dalam arus barang dan menyatakan bahwa saluran distribusi merupakan suatu struktur unit organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri atas agen, dealer, pedagang besar, pengecer, melalui sebuah komoditi pasar atau jasa yang dipasarkan.
Definisi saluran distribusi yang bersifat paling luas dikemukakan oleh C. Glenn Walters yang mengatakan bahwa saluran distribusi adalah sekelompok pedagang dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar-pasar tertentu.
Dari definisi-definisi tersebut diatas dapat diketahui adanya beberapa unsur penting, yaitu:
  • Saluran distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh produsen untuk memindahkan produk mereka melalui suatu lembaga yang mereka pilih.
  • Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak langsung dan produsen kepada konsumen.
  • Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan tujuan akhir dari kegiatan saluran.
  • Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan sistem kegiatan (fungsi) yang lengkap dalam menyalurkan produk.

DEFINISI MANAJEMEN SALURAN
Manajemen saluran adalah pengembangan strategi yang searah didasarkan pada bebagai keputusan yang berkaitan untuk memindahkan barang-barang secara fisik atau non fisik guna mencapai tujuan perusahaan dan berada dalam kondisi lingkungan tertentu adlah definisi menurut C.Glen Walters.
Sebuah pendekatan yang beorientasi pada keputusan dapat diartikan bahwa perhatian diarahkan pada pengenbangan kebijaksanaan yang efektif, tidak hanya pada deskripsi tentang bagaimana sebuah saluran beroperasi. Sedangkan pengambilan keputusan menitik beratkan pada ruang lingkup uyang luas tentang masalah manajemen saluran dan bagaimana hubungan dengan masing-masing masalah.
Manajemen saluran dapat dikatakan perantara. Perantar pemasaran merupakan lembaga atau individu yang menjalankan kegiatan di bidang distribusi, dan merka itu adalah:
a. perantara pedagang
b. perantara agen


Keuntungan menggunakan perantara yaitu:
a. mengurangi tugas produsen dalam kegiatan distribusi untuk mencapai konsumen.
b. kegiatan distribusinya cukup baik bilaman perantara sudah mempunyai pengalaman.
c. Perantara dapat membantu menyediakan peralatan dan jasa reparasi yang dibutuhkan untuk beberapa jenis produk tertentu,sehingga produsen tidak perlu menyediakannya.
d. perantara dapat membantu dibidang pengangkutan dengan menyediakan alat transport.
e. perantara dapat membantu menyimpan barang dengan menyediakan fasilitas penyimpanan.
f. perantara dapat membantu di bidang keuangan dengan menyediakan sejumlah dana untuk dipinjamkan
g. keuntungan lain yang dapat diharapkan oleh produsen dari perantara adallah:
- membantu dalam pencarian konsumen
- menbantu dalam kegiatan promosi
- membantu dalam penyedian informasi
- membantu dalam pengepakan dan pembungkusan
- membantu dalam penyotiran


PERANTARA PEDAGANG
perantara pedagang besar ini bertabggung jawab terhadap pemilikan semua barang yang dipasarkannya, diantaranya:
1. pedagang besar
adalah sebuah unit usaha yang membeli dan menjual kembali berang-barang kepada pengecer dan pedangang lain dan atau kepada pemakai industri, pemakai lembaga, dan pemakai komersial yang tidak menjual dalm volume yang sama kepada konsumen akhir.

2. Pengecer
adalah sebuah lembaga yang melakukan kegiatan usaha menjual barnag kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi.

PERANTARA AGEN
perantar agen beda dengan perantara pedagang karena tidak mempunyai hak milik atas semua barang yang ditanganinya. Definisi agen adalah lembaga yang melaksanakan perdagangan dengan menyediakan jasa-jasa atau fungsi khusus yang berhubungan dengan penjualan atau distribusi barang, tetapi mereka tidak mempunyai hak untuk memiliki barang yang diperdagangkan.
Perantara agen digolongkan dalam 2 golongan:
1. Agen penunjang merupakan agen yang mengkhususkan kegiatannya dalam pemindahan barang dan jasa. Mereka terbagi dalam beberapa golongan”
a. agen pengangkutan borongan
b. agen penyimpanan
c. agen pengangkutan khusus
d. agen pembelian dan penjualan

2. Agen pelengkap berfungsi melaksanaakan jasa-jasa tambahan dalam penyaluran barng dengantujuan memperbaiki adanya kekurangan-kekurangan. Jasa-jasa yang dilakukannya antara lain :
- jasa pembimbingan/ konsultasi
- jasa finansial
- jasa informasi
- jasa khusus lainnya

Berdasarkan macam jasa , agen pelengkap dapat digolongkan ke dalam:
a. agen yang membantu di bidang keuangan seperti Bank.
b. agen yang membantu mengambil keputusan. Seperti biro iklan, dan lembaga penelitian
c. agen yang menyediakan informasi. Seperti: televisi, dan surat kabar
d. agen khusus yang tidak termasuk dalam ketiga golongan diatas.

Lingkungan Makro Amerika Serikat

EKONOMI DI USA:
Kondisi perekonomian Amerika Serikat sedang sekarat. Tingkat penganggurannya tinggi mencapai 9,1%.
Pasar propertinya juga sedang lesu setelah terhantam krisis finansial 2008 lalu. Pertumbuhan ekonominya pun diperkirakan hanya tumbuh sebesar 2% tahun ini.
Kendati tingkat pengangguran tinggi, warga Amerika Serikat lebih kaya ketimbang China sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia.
Bank Dunia mencatat, pendapatan per kapita Amerika Serikat mencapai US$ 47.184 pada 2010 lalu. Angka ini jauh lebih besar daripada pendapatan per kapita China yang hanya sebesar US$ 4.393.
Perekonomian di Amerika Serikat juga lebih produktif dibandingkan tiga negara terbesar lainnya seperti Jepang, China dan Jerman. Nilai produksinya mencapai US$ 14,6 trilion. Selain itu, berdasarkan badan statistik Amerika Serikat, buruh Amerika Serikat lebih produksi 25% setiap jam ketimbang Norwegia.
Keadaan Ekonomi
• Pertanian
- Tembakau, banyak ditanam di daerah Tenresee, Georgia, Kentucky, dan Virginia.
- Tebu, banyak ditanam di muara sungai Mississippi.
- Gandum, daerahnya sering disebut Wheat Belt.Gandum banyak dihasilkan di Kansas, Montana, North Dakota, Minnesota, dan South Dakota.
- Jagung, daerahnya disebut Corn Belt. Banyak ditanam di daerah Ohio, Missouri, Indiana, Minnessota, dan Lowa.
- Kapas, daerahnya disebut Cotton Belt, hasil kapas ini merupakan terbesar di dunia. Daerah tanamannya antara lain terdapat di Texas ( produksi terbanyak), Alabama, Georgia, Louwsiana, dll.
- Padi, banyak ditanam di California dan Georgia.
- Sayur – sayuran, banyak ditanam di sepanjang Pantai Atlantik.
- Buah – buahan, hasilnya anggur, apel, dan sejenis jeruk.

• Peternakan
Jenis ternak yang diusahakan antara lain biri-biri, sapi, babi, kambing, unggas, dan kuda. Jenis ternak babi dan sapi banyak diternak di daerah yang menghasilkan jagung sedangkan jenis biri-biri banyak diternak di daerah Prairie terutama di Texas. Hasil ternajnya antara lain daging, susu, dan wol.


• Perikanan
Perikanan diusahakan secara besar-besaran di samudera Pasifik dan Atlantik. Jenis ikan yang dihasilkan adalah ikan salmon, tuna, dan sardin. Negara amerika merupakan salah satu penghasil perikanan dunia.

• Pertambangan
- Batu bara, daerahnya terdapat di lereng sebelah Pegunungan Alleghany, membentang di Pensylvania sampai Alabama.
- Bijih besi, daerahnya terletak di dekat Danau Superior yaitu sepanjang pegunungan Mesabi Range.
- Minyak bumi, daerahnya terdapat di Ohio, Texas Utara, Pensylvania, California, dan Oklahoma.
- Timah, daerahnya di Bukit Black.
- Tembaga, daerahnya di Arizona dan Montana.
- Bauksit, daerahnya di Arkansas.
- Emas, terdapat di Nevada, Colorado.

• Perindustrian
- Industri baja, terdapat di daerah Pittsburgh (pusat industri baja ), Chicago, Buffalo,Birmingham, dan Cleveland.
- Industri tekstil, terdapat di zona kaki pegunungan di Carolina dan Georgia.
- Industri tembaga, terdapat di Montana dan Anaconda.
- Industri pengilangan minyak terdapat di Oklahoma dan Texas.
- Industri pembuatan film di Hollywood (Los Angeles).
- Industri mesin pertanian terbesar terdapat di Waterivo.
- Industri pesawat terbang dan peralatan militer, terdapat di Seatle
- Industri petrokimia terdapat di Juliet.
- Industri wol terdapat di Pensylvania dan Massachusetts.
- Industri sutera terdapat di New Jersey dan South Carolina.

• Perdagangan
- Ekspor negara Amerika Serikat yaitu mobil, pesawat terbang, peralatan persenjataan, mesin-mesin, alat-alat elektronika, minuman dalam kaleng, bahan kimia, dll.
- Impor negara Amerika Serikat yaitu minyak bumi, pakaian jadi, kayu, karet, kopi, gula, dll.


GEOGRAFI USA:
Luas : + 9.363.563 km2 ( menduduki urutan ke-4 dunia )
Ibukota : Washington DC
Letak Astronomis : 240 33’ LU – 700 23’ LU dan antara 1720 BT – 660 BB

Batas Wilayah
• Utara : Negara Kanada
• Selatan : Negara Meksiko dan Teluk Meksiko
• Timur : Samudera Atlantik
• Barat : Samudera Pasifik

Bentang Alam
• Di bagian Barat terdapat deretan pegunungan yaitu Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan Pegunungan Cascade. Didaerah ini juga membentang daratan yang relatif luas, yang terkenal dengan Lembah Mississippi. Lembah ini bersifat subur dan dikenal sebagai daerah pertanian.
• Di bagian Tengah terdapat dataran rendah yang luas dan memiliki danau-danau besar seperti Danau Erie, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, dan Danau Ontario.
• Di bagian Timur merupakan dataran tinggi dan terbentang dataran pantai Atlantik yang dibatasi oleh Pegunungan Appalache.

Iklim
• Iklim laut sedang. Daerah yang memiliki iklim ini adalah daerah pantai barat. Iklim ini dipengaruhi oleh angin barat yang mengarah ke daratan yang mendatangkan hujan di pesisir pantai barat sehingga bersifat basah.
• Iklim kering. Daerah yang memiliki iklim kering adalah sekitar dataran tinggi Colorado.
• Iklim subtropis. Daerah yang memiliki iklim ini adalah sekitar dataran pantai barat bagian selatan.
• Iklim laut tropis. Daerah yang memiliki iklim ini adalah daerah Kepulauan Hawai dan bagian timur Amerika Serikat sampai Semenanjung Florida.
• Iklim dingin. Daerah yang memiliki ini adalah daerah sekitar kutub utara.
• Iklim stepa. Daerah yang memiliki ini adalah wilayah lembah sampai ke perbatasan dengan Canada.

SOSIAL USA:
Penduduk Amerika Serikat berjumlah + 270.002.000 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 29 jiwa/km2. Penduduk Negara Amerika Serikat terdiri dari 85% orang kulit putih, 12,1% orang kulit hitam, dan 2,9% kelompok etnis lain. Salah satu penduduk aslinya adalah orang Indian, yangsekarang jumlahnya tinggal + 825.000 jiwa. Sebagian besar dari mereka tinggal di Amerika Bagian Utara. Bahkan di Negara Bagian Maine terdapat cagar budaya suku Indian. Agama yang dianut sebagian besar adalah Kristen Protestan (+ 33% ), Katholik Roma (+ 19%), Yahudi (+ 4%) sedangkan agama lainnya (+ 44%). Bahasa persatuannya adalah bahasa Inggris.

KEBUDAYAAN DI USA:
Tingkat kebudayaan Amerika Serikat tergolong maju. Hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya. Amerika Serikat bersama negara sahabatnya yaitu Rusia merupakan negara Pioner dalam penyelidikan dan penjelajahan di angkasa luar. Di samping itu, Amerika Serikat ahli dalam bidang persenjataan mutakhir.

DEMOGRAFI DI USA:
Sebagian besar penduduk di AS ialah keturunan imigran Eropa. Banyak orang yang diturunkan dari Jerman, Inggris, Skotlandia, Irlandia, dan Italia.
Pada tahun-tahun terkini, banyak orang Hispanik datang dari Meksiko dan bagian lain di Amerika Latin, khususnya ke barat daya AS. Banyak dari mereka yang melintasi perbatasan secara ilegal. Beberapa orang AS merasa gerah, dan juga karena banyaknya penggunaan bahasa Spanyol di AS (lihat Bahasa-bahasa di Amerika Serikat).
Banyak juga orang Afrika-Amerika. Sebagian besar dari mereka diturunkan dari budak Afrika yang dibawa ke Dunia Baru.
Sepertiga penduduk AS ialah orang Asia-Amerika. Sebagian besar mendiami pesisir barat.
Penduduk aslinya, disebut penduduk asli Amerika atau Indian dan Eskimo amat sedikit.
POLITIK USA:
Amerika Serikat merupakan negara demokrasi konstitusional dengan sistem three-tier dan institusi kehakiman yang bebas. Terdapat tiga peringkat yaitu nasional, negara bagian dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutif dengan bidang kuasa masing-masing. Negara ini menggunakan sistem persekutuan atau federalisme di mana di negara pusat dan negara bagian berbagi kuasa. Negara pusat berkuasa terhadap beberapa perkara seperti pencetakan mata uang Amerika serta kebijakan pertahanan. Namun, negara-negara bagian berkuasa menentukan hak dan undang-undang masing-masing seperti hak pengguguran bayi dan hukuman maksimal dalam hal undang-undang.
Satu elemen yang kentara di Amerika ialah doktrin pembagian kuasa. Pasal 1 hingga 3 Konstitusi Amerika, telah menggariskan secara terperinci mengenai kuasa-kuasa Negara yang utama yaitu eksekutif, legislatif dan kehakiman. Checks and Balances atau pemeriksaan dan keseimbangan merupakan satu ciri yang utama dalam negara Amerika dan hal ini begitu komprehensif sehingga tidak ada satu cabang negara yang mempunyai kuasa mutlak untuk mengawal cabang yang lain.
Di negara ini semua rakyat yang berusia 18 tahun ke atas berhak memilih. Pemilu untuk pemilihan presiden diadakan setiap empat tahun sekali dan yang terakhir ialah pada bulan November 2008.
Di samping Pemilu untuk pemilihan presiden, ada pula Pemilu paruh waktu, yang diadakan pada pertengahan masa jabatan presiden. Dalam pemilu ini yang dipilih bukanlah presiden melainkan seluruh anggota Dewan Perwakilan dan sepertiga dari semua senator dari tiap negara bagian. Pemilu ini terakhir diadakan pada 7 November 2006.

Lingkungan Makro Indonesia

EKONOMI DI INDONESIA:
ketidakstabilan perekonomian yang mempengaruhi target nasional. Dikatakannya krisis global baru perlu diwaspadai karena mampu mempengaruhi perekonomian nasional di tahun 2011.
factor yang turut berpengaruh adalah inflasi global, dan inflasi di bidang pangan, di mana harga pangan terus merangkak naik serta harga komoditas dunia semakin hari semakin tinggi. Menurutnya yang mempengaruhi pertanian dunia berasala dari factor climate change yang turut menyebabkan cuaca ekstrim dan banjir banding yang berdampak pada ketahanan pangan dunia. Berdasarkan informasi, pertumbuhan ekonomi di 2011 mencapai angka 6,4 persen. Adapun dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan APBN 2011 telah ditetapkan sejumlah sasaran yang harus diperjuangkan. Adapun target lainnya yaitu, inflasi bisa mencapai angka 5,3 persen serta angka pengangguran menurun menjadi tujuh persen. Diketahui, saat ini angka pengangguran berada di posisi 7,15 persen. Di samping itu, SBY juga mengharapkan tingkat kemiskinan bisa turun antara 11,5-12,5 persen.

SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA:
1.Bahasa, sampai saat Indonesia masih konsisten dalam bahasa yaitu bahasa Indonesia. Sedangkan bahasa-bahasa daerah merupakan kekayaan plural yang dimiliki bangsa Indonesia sejak jaman nenek moyang kita. Bahasa asing (Inggris) belum terlihat popular dalam penggunaan sehari-hari, paling pada saat seminar, atau kegiatan ceramah formal diselingi denga bahasa Inggris sekedar untuk menyampaikan kepada audien kalau penceramah mengerti akan bahasa Inggris.
2.Sistem teknologi, perkembangan yang sangat menyolok adalah teknologi informatika.
3.Sistem mata pencarian hidup/ekonomi. Kondisi pereko-nomian Indonesia saat ini masih dalam situasi krisis, yang diakibatkan oleh tidak kuatnya fundamental ekonomi pada era orde baru. Kemajuan perekonomian pada waktu itu hanya merupakan fatamorgana, karena adanya utang jangka pendek dari investor asing yang menopang perekonomian Indonesia.
4.Organisasi Sosial. Bermunculannya organisasi sosial yang berkedok pada agama (FPI, JI, MMI, Organisasi Aliran Islam/Mahdi), Etnis (FBR, Laskar Melayu) dan Ras.
5.Sistem Pengetahuan. Dengan adanya LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) diharapkan perkembangan pengetahuan Indonesia akan terus berkembang sejalan dengan era globalisasi.
6.Religi. Munculnya aliran-aliran lain dari satu agama yang menurut pandangan umum bertentangan dengan agama aslinya. Misalnya : aliran Ahmadiyah, aliran yang berkembang di Sulawesi Tengah (Mahdi), NTB dan lain-lain.
7.Kesenian. Dominasi kesenian saat ini adalah seni suara dan seni akting (film, sinetron). Seni tari yang dulu hampir setiap hari dapat kita saksikan sekarang sudah mulai pudar, apalagi seni yang berbau kedaerahan. Kejayaan kembali wayang kulit pada tahun 1995 – 1996 yang dapat kita nikmati setiap malam minggu, sekarang sudah tidak ada lagi. Seni lawak model Srimulat sudah tergeser dengan model Extravagansa. Untuk kesenian nampaknya paling dinamis perkembangannya.
8.Sedang menghadapi suatu pergeseran-pergeseran atau \”Shirf\” budaya. Hal ini mungkin dapat difahami mengingat derasnya arus globalisasi yang membawa berbagai budaya baru serta ketidak mampuan kita dalam membendung serangan itu dan mempertahankan budaya dasar kita.

POLITIK DI INDONESIA:
Tahun 2011 ini politik Indonesia masih akan mengalami dinamika yang tinggi meski tanpa substansi demokratik dan minus misi kenegaraan.
Politik akan segera disibukkan dengan masalah reshuffle kabinet yang telah tertunda lama akibat ketidaktegasan Presiden SBY dalam menata pemerintahannya.
Selain itu, tahun ini akan ada ratusan pilkada yang menjadi sangat strategis untuk kepentingan elektoral di tahun 2014. Guna mengantisipasi semakin menguningnya atau memerahnya pemerintahan lokal, Demokrat perlu merumuskan strategi jitu untuk mengoptimalkan kemenangannya. Hanya mengandalkan kekuatan uang maupun mesin pencitraan tentu tidak menjamin kesuksesan di kompetisi lokal.
Dalam banyak hal, kegaduhan politik yang akan terjadi di tahun 2011 tidak terlepas dari peran dan kelemahan Presiden SBY. Sebagai presiden dan pengendali kekuatan politik terbesar, SBY terjebak dalam kondisi sebagai pihak yang paling aktif bekerja, peduli rakyat, namun terzalimi oleh kritik-kritik yang tidak mendasar. Dengan merasa selalu menjadi korban konspirasi politik maupun pembunuhan karakter, secara tidak sadar SBY telah merasa nyaman dengan kondisi psikologis seperti itu. Akibatnya dalam banyak hal komentar, kebijakan, maupun sikapnya kurang menunjukkan presidential stature yang sudah memerintah pada periode terakhir.
Selain masalah-masalah politik kelembagaan terkait reshuffle kabinet, pembahasan UU politik, pilkada, kongres partai, kebijakan kontroversial seperti pembangunan gedung baru DPR atau pengurangan subsidi, maupun lemahnya penegakan hukum, tahun ini juga akan diramaikan dengan makin terkuaknya perilaku korup maupun masalah hukum banyak elit politik.

TEKNOLOGI  DI INDONESIA:
Perusahaan teknologi asal Taiwan tumbuh berkembang dan diterima oleh pasar Indonesia. Produk buatan mereka dari berbagai lini juga menguasai pasar Indonesia. Melihat potensi tersebut, Taiwan mendatangkan 118 delegasi perusahaan Taiwan untuk berkunjung ke Indonesia. Berdasarkan data dari market Intelegence and Consulting Institute (MIC) per November 2010, Taiwan menguasai 94,6 persen dari total PC notebook di dunia, memproduksi 71,8 persen LCD di pasaran dunia, menguasai 88,5 persen pasar netbook, serta 50,1 persen pasar kamera digital di dunia.
Wu menambahkan, produk-produk teknologi Taiwan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan lifestyle pengguna di pasar Indonesia dihasilkan oleh 30 perusahaan negeri itu. Di antaranya adalah Acer, Asus, HTC, D-Link, dan BenQ.

HUKUM IND:
Hukum di Indonesia merupakan campuran dari sistem hukum hukum Eropa, hukum Agama dan hukum Adat. Sebagian besar sistem yang dianut, baik perdata maupun pidana, berbasis pada hukum Eropa kontinental, khususnya dari Belanda karena aspek sejarah masa lalu Indonesia. Hukum Agama, karena sebagian besar masyarakat Indonesia menganut Islam, maka dominasi hukum atau Syari'at Islam lebih banyak terutama di bidang perkawinan, kekeluargaan dan warisan. Selain itu, di Indonesia juga berlaku sistem hukum Adat yang diserap dalam perundang-undangan atau yurisprudensi, yang merupakan penerusan dari aturan-aturan setempat dari masyarakat dan budaya-budaya yang ada di wilayah Nusantara.

GEOGRAFI DI IND:
Indonesia memiliki sekitar 17.504 pulau, sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni tetap, menyebar sekitar katulistiwa, memberikan cuaca tropis. Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, di mana lebih dari setengah (65%) populasi Indonesia. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Irian Jaya.
Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi and 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Sebagian ahli membagi Indonesia atas tiga wilayah geografis utama yakni:
Indonesia mempunyai iklim tropik basah yang dipengaruhi oleh angin monsun barat dan monsun timur. Dari bulan November hingga Mei, angin bertiup dari arah Utara Barat Laut membawa banyak uap air dan hujan di kawasan Indonesia; dari Juni hingga Oktober angin bertiup dari Selatan Tenggara kering, membawa sedikit uap air. Suhu udara di dataran rendah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai 28 derajat Celsius sepanjang tahun.
Data-data geografis
Lokasi: Sebelah tenggara Asia, di Kepulauan Melayu antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
Koordinat geografis:LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT
total darat: 1.922.570 km²
daratan non-air: 1.829.570 km²
daratan berair: 93.000 km²
lautan: 3.257.483 km²
Sumber daya alam: minyak tanah, kayu, gas alam, kuningan, timah, bauksit, tembaga, tanah yang subur, batu bara, emas, perak
DEMOGRAFI IND:
Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 245 juta jiwa, menjadikan negara ini negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia. Pulau Jawa merupakan salah satu daerah terpadat di dunia, dengan lebih dari 107 juta jiwa tinggal di daerah dengan luas sebesar New York.
Indonesia memiliki budaya dan bahasa yang berhubungan namun berbeda. Sejak kemerdekaannya Bahasa Indonesia (sejenis dengan Bahasa Melayu) menyebar ke seluruh penjuru Indonesia dan menjadi bahasa yang paling banyak digunakan dalam komunikasi, pendidikan, pemerintahan, dan bisnis. Namun bahasa daerah juga masih tetap banyak dipergunakan.
Dari segi kependudukan, Indonesia masih menghadapi beberapa masalah besar anatara lain :
  • Penyebaran penduduk tidak merata, sangat padat di Jawa - sangat jarang di Kalimantan dan Irian.
  • Piramida penduduk masih sangat melebar, kelompok balita dan remaja masih sangat besar.
  • Angkatan kerja sangat besar, perkembangan lapangan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah penambahan angkatan kerja setiap tahun.
  • Distribusi Kegiatan Ekonomi masih belum merata, masih terkonsentrasi di Jakarta dan kota-kota besar dipulau Jawa.
  • Pembangunan Infrastruktur masih tertinggal; belum mendapat perhatian serius
  • Indeks Kesehatan masih rendah; Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi masih tinggi