Kamis, 06 Oktober 2011

Lingkungan Makro Amerika Serikat

EKONOMI DI USA:
Kondisi perekonomian Amerika Serikat sedang sekarat. Tingkat penganggurannya tinggi mencapai 9,1%.
Pasar propertinya juga sedang lesu setelah terhantam krisis finansial 2008 lalu. Pertumbuhan ekonominya pun diperkirakan hanya tumbuh sebesar 2% tahun ini.
Kendati tingkat pengangguran tinggi, warga Amerika Serikat lebih kaya ketimbang China sebagai negara ekonomi terbesar kedua di dunia.
Bank Dunia mencatat, pendapatan per kapita Amerika Serikat mencapai US$ 47.184 pada 2010 lalu. Angka ini jauh lebih besar daripada pendapatan per kapita China yang hanya sebesar US$ 4.393.
Perekonomian di Amerika Serikat juga lebih produktif dibandingkan tiga negara terbesar lainnya seperti Jepang, China dan Jerman. Nilai produksinya mencapai US$ 14,6 trilion. Selain itu, berdasarkan badan statistik Amerika Serikat, buruh Amerika Serikat lebih produksi 25% setiap jam ketimbang Norwegia.
Keadaan Ekonomi
• Pertanian
- Tembakau, banyak ditanam di daerah Tenresee, Georgia, Kentucky, dan Virginia.
- Tebu, banyak ditanam di muara sungai Mississippi.
- Gandum, daerahnya sering disebut Wheat Belt.Gandum banyak dihasilkan di Kansas, Montana, North Dakota, Minnesota, dan South Dakota.
- Jagung, daerahnya disebut Corn Belt. Banyak ditanam di daerah Ohio, Missouri, Indiana, Minnessota, dan Lowa.
- Kapas, daerahnya disebut Cotton Belt, hasil kapas ini merupakan terbesar di dunia. Daerah tanamannya antara lain terdapat di Texas ( produksi terbanyak), Alabama, Georgia, Louwsiana, dll.
- Padi, banyak ditanam di California dan Georgia.
- Sayur – sayuran, banyak ditanam di sepanjang Pantai Atlantik.
- Buah – buahan, hasilnya anggur, apel, dan sejenis jeruk.

• Peternakan
Jenis ternak yang diusahakan antara lain biri-biri, sapi, babi, kambing, unggas, dan kuda. Jenis ternak babi dan sapi banyak diternak di daerah yang menghasilkan jagung sedangkan jenis biri-biri banyak diternak di daerah Prairie terutama di Texas. Hasil ternajnya antara lain daging, susu, dan wol.


• Perikanan
Perikanan diusahakan secara besar-besaran di samudera Pasifik dan Atlantik. Jenis ikan yang dihasilkan adalah ikan salmon, tuna, dan sardin. Negara amerika merupakan salah satu penghasil perikanan dunia.

• Pertambangan
- Batu bara, daerahnya terdapat di lereng sebelah Pegunungan Alleghany, membentang di Pensylvania sampai Alabama.
- Bijih besi, daerahnya terletak di dekat Danau Superior yaitu sepanjang pegunungan Mesabi Range.
- Minyak bumi, daerahnya terdapat di Ohio, Texas Utara, Pensylvania, California, dan Oklahoma.
- Timah, daerahnya di Bukit Black.
- Tembaga, daerahnya di Arizona dan Montana.
- Bauksit, daerahnya di Arkansas.
- Emas, terdapat di Nevada, Colorado.

• Perindustrian
- Industri baja, terdapat di daerah Pittsburgh (pusat industri baja ), Chicago, Buffalo,Birmingham, dan Cleveland.
- Industri tekstil, terdapat di zona kaki pegunungan di Carolina dan Georgia.
- Industri tembaga, terdapat di Montana dan Anaconda.
- Industri pengilangan minyak terdapat di Oklahoma dan Texas.
- Industri pembuatan film di Hollywood (Los Angeles).
- Industri mesin pertanian terbesar terdapat di Waterivo.
- Industri pesawat terbang dan peralatan militer, terdapat di Seatle
- Industri petrokimia terdapat di Juliet.
- Industri wol terdapat di Pensylvania dan Massachusetts.
- Industri sutera terdapat di New Jersey dan South Carolina.

• Perdagangan
- Ekspor negara Amerika Serikat yaitu mobil, pesawat terbang, peralatan persenjataan, mesin-mesin, alat-alat elektronika, minuman dalam kaleng, bahan kimia, dll.
- Impor negara Amerika Serikat yaitu minyak bumi, pakaian jadi, kayu, karet, kopi, gula, dll.


GEOGRAFI USA:
Luas : + 9.363.563 km2 ( menduduki urutan ke-4 dunia )
Ibukota : Washington DC
Letak Astronomis : 240 33’ LU – 700 23’ LU dan antara 1720 BT – 660 BB

Batas Wilayah
• Utara : Negara Kanada
• Selatan : Negara Meksiko dan Teluk Meksiko
• Timur : Samudera Atlantik
• Barat : Samudera Pasifik

Bentang Alam
• Di bagian Barat terdapat deretan pegunungan yaitu Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan Pegunungan Cascade. Didaerah ini juga membentang daratan yang relatif luas, yang terkenal dengan Lembah Mississippi. Lembah ini bersifat subur dan dikenal sebagai daerah pertanian.
• Di bagian Tengah terdapat dataran rendah yang luas dan memiliki danau-danau besar seperti Danau Erie, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, dan Danau Ontario.
• Di bagian Timur merupakan dataran tinggi dan terbentang dataran pantai Atlantik yang dibatasi oleh Pegunungan Appalache.

Iklim
• Iklim laut sedang. Daerah yang memiliki iklim ini adalah daerah pantai barat. Iklim ini dipengaruhi oleh angin barat yang mengarah ke daratan yang mendatangkan hujan di pesisir pantai barat sehingga bersifat basah.
• Iklim kering. Daerah yang memiliki iklim kering adalah sekitar dataran tinggi Colorado.
• Iklim subtropis. Daerah yang memiliki iklim ini adalah sekitar dataran pantai barat bagian selatan.
• Iklim laut tropis. Daerah yang memiliki iklim ini adalah daerah Kepulauan Hawai dan bagian timur Amerika Serikat sampai Semenanjung Florida.
• Iklim dingin. Daerah yang memiliki ini adalah daerah sekitar kutub utara.
• Iklim stepa. Daerah yang memiliki ini adalah wilayah lembah sampai ke perbatasan dengan Canada.

SOSIAL USA:
Penduduk Amerika Serikat berjumlah + 270.002.000 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 29 jiwa/km2. Penduduk Negara Amerika Serikat terdiri dari 85% orang kulit putih, 12,1% orang kulit hitam, dan 2,9% kelompok etnis lain. Salah satu penduduk aslinya adalah orang Indian, yangsekarang jumlahnya tinggal + 825.000 jiwa. Sebagian besar dari mereka tinggal di Amerika Bagian Utara. Bahkan di Negara Bagian Maine terdapat cagar budaya suku Indian. Agama yang dianut sebagian besar adalah Kristen Protestan (+ 33% ), Katholik Roma (+ 19%), Yahudi (+ 4%) sedangkan agama lainnya (+ 44%). Bahasa persatuannya adalah bahasa Inggris.

KEBUDAYAAN DI USA:
Tingkat kebudayaan Amerika Serikat tergolong maju. Hal ini terbukti dengan kemajuan teknologinya. Amerika Serikat bersama negara sahabatnya yaitu Rusia merupakan negara Pioner dalam penyelidikan dan penjelajahan di angkasa luar. Di samping itu, Amerika Serikat ahli dalam bidang persenjataan mutakhir.

DEMOGRAFI DI USA:
Sebagian besar penduduk di AS ialah keturunan imigran Eropa. Banyak orang yang diturunkan dari Jerman, Inggris, Skotlandia, Irlandia, dan Italia.
Pada tahun-tahun terkini, banyak orang Hispanik datang dari Meksiko dan bagian lain di Amerika Latin, khususnya ke barat daya AS. Banyak dari mereka yang melintasi perbatasan secara ilegal. Beberapa orang AS merasa gerah, dan juga karena banyaknya penggunaan bahasa Spanyol di AS (lihat Bahasa-bahasa di Amerika Serikat).
Banyak juga orang Afrika-Amerika. Sebagian besar dari mereka diturunkan dari budak Afrika yang dibawa ke Dunia Baru.
Sepertiga penduduk AS ialah orang Asia-Amerika. Sebagian besar mendiami pesisir barat.
Penduduk aslinya, disebut penduduk asli Amerika atau Indian dan Eskimo amat sedikit.
POLITIK USA:
Amerika Serikat merupakan negara demokrasi konstitusional dengan sistem three-tier dan institusi kehakiman yang bebas. Terdapat tiga peringkat yaitu nasional, negara bagian dan pemerintahan lokal yang mempunyai badan legislatif serta eksekutif dengan bidang kuasa masing-masing. Negara ini menggunakan sistem persekutuan atau federalisme di mana di negara pusat dan negara bagian berbagi kuasa. Negara pusat berkuasa terhadap beberapa perkara seperti pencetakan mata uang Amerika serta kebijakan pertahanan. Namun, negara-negara bagian berkuasa menentukan hak dan undang-undang masing-masing seperti hak pengguguran bayi dan hukuman maksimal dalam hal undang-undang.
Satu elemen yang kentara di Amerika ialah doktrin pembagian kuasa. Pasal 1 hingga 3 Konstitusi Amerika, telah menggariskan secara terperinci mengenai kuasa-kuasa Negara yang utama yaitu eksekutif, legislatif dan kehakiman. Checks and Balances atau pemeriksaan dan keseimbangan merupakan satu ciri yang utama dalam negara Amerika dan hal ini begitu komprehensif sehingga tidak ada satu cabang negara yang mempunyai kuasa mutlak untuk mengawal cabang yang lain.
Di negara ini semua rakyat yang berusia 18 tahun ke atas berhak memilih. Pemilu untuk pemilihan presiden diadakan setiap empat tahun sekali dan yang terakhir ialah pada bulan November 2008.
Di samping Pemilu untuk pemilihan presiden, ada pula Pemilu paruh waktu, yang diadakan pada pertengahan masa jabatan presiden. Dalam pemilu ini yang dipilih bukanlah presiden melainkan seluruh anggota Dewan Perwakilan dan sepertiga dari semua senator dari tiap negara bagian. Pemilu ini terakhir diadakan pada 7 November 2006.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar